Selasa, 18 September 2012

MENJAGA STAMINA KOMPUTER AGAR TETAP STABIL


Sama halnya dengan manusia. Untuk tetap menjaga kinerja dari sebuah komputer, kita harus selalu menjaga agar stamina komputer kita tetap dalam kondisi fit. Komputer yang tidak memiliki kondisi yang prima sering saja menimbulkan banyak masalah, seperti;
  • Komputer menjadi lambat.
  • Gagal booting / Drive error.
  • Sering hang.
  • Sering restart sendiri.
  • Dan error-error lainnya yang sangat menghambat kerja kita.
Selain disebabkan oleh aktivitas virus, ukuran memory (RAM) yang tidak memadai, banyaknya program yang tidak diperlukan yang berjalan dibelakang layar, file-file yang memenuhi komputer, dan lain-lainnya,  komputer yang penuh dengan debu juga bisa menjadi masalah utama dalam kasus ini. Debu yang menumpuk pada sirip pendingin prosesor akan membuat aliran udara yang tugasnya mendinginkan prosesor menjadi tidak berfungsi semestinya. Akhirnya prosesor menjadi cepat panas.
Debu yang menempel pada slot-slot seperti slot pada VGA, slot pada RAM juga akan menghambat aliran listrik.
Untuk itu sering-seringlah membersihkan komputer anda. Apalagi jika anda berada di pinggir jalan dan ruangan anda tidak ber-AC.
Jika anda sudah terbiasa membongkar pasang komputer, anda dapat melakukannya sendiri. Jika anda belum terbiasa, anda dapat meminta bantuan tenaga yang ahli dalam hal ini.
Yang perlu diperhatikan adalah, jangan sekali-kali membersihkan komponen yang peka seperti IC, menggunakan pembersih yang terbuat dari plastik atau kain wool. Karena elektrik statik yang ditimbulkan dari gesekan bahan tersebut dapat merusak komponen. Kalo bisa cukup ditiup saja debu-debu yang menempel pada komponen tersebut.
Berikut adalah gambar dari pendingin prosesor saya yang penuh dengan debu, sebelum dibersihkan.
Pendingin prosesor sebelum dibersihkan
Berikut adalah gambar dari pendingin prosesor yang penuh dengan debu, setelah dibersihkan.
Pendingin prosesor setelah dibersihkan
Setelah debu dibersihkan, komputer menjadi oke dan komputer tidak lambat lagi. Gairah kerjapun semakin meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar